Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia

RAPAT KERJA NASIONAL APPSI TAHUN 2019

Email Cetak PDF

IMG 9628Padang, 21 februari 2019 APPSI melaksanakan kegiatan Rutin tahunan yaitu Rapat Kerja Nasional yang diselenggarakan di Hotel Grand Inna padang. Para Gubernur seluruh Indonesia dan Pendampingnya turut datang menghadiri Rapat Kerja Nasional APPSI Tahun 2019 tersebut.

Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh indonesia mengangkat tema yang bertajuk “ Reformasi Kebijakan dan Strategi untuk mendukung pengembangan Produk Unggulan dan Kerjasama Antar Daerah”. Selain itu, pada malam pembukaan Rakenas APPSI, Ketua Umum APPSI H. Soekarwo juga melakukan serah terima jabatan kepada Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola selaku Wakil Ketua APPSI dikarenakan masa jabatan Gubernur Jawa Timur tersebut telah berakhir. Beliau akan menjabat menjadi ketua umum APPSI hingga November 2019. 

Pada pembukaan Rakernas, H. Soekarwo membacakan pertanggung jawabannya selama menjadi Ketua Umum APPSI dan dilanjutkan oleh ketua umum APPSI yang baru H. Longki Djanggola Gubernur Sulawesi Tengah. Beliau mengatakan betapa beratnya memikul jabatan Ketua Umum APPSI dan Pak Karwo telah banyak melakukan perjuangan dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan bersama Gubernur lainnya dalam rangka memajukan seluruh pemerintah provinsi. Beliau berharap pada Munas APPSI di Jakarta nanti akan terpilih Pengurus baru yang lebih muda dan energik.

Pada Rakernas APPSI Wakil Presiden Jusuf Kalla juga hadir untuk memberikan pengarahan kepada seluruh Gubernur. Dalam pengarahannya, Jusuf kalla mengajak seluruh pemimpin di daerahnya masing-masing untuk sama-sama berjuang membesarkan dan memajukan daerahnya demi menguatkan negara Republik Indonesia. Karena dengan memajukan daerahnya, berarti memajukan Indonesia. Tanpa memajukan daerahnya, maka Indonesia tidak akan maju. Para Gubernur bertanggung jawab atas daerah nya masing-masing karna mereka telah dipilih oleh masyarakat untuk menjalankan amanah. Beliau juga menegaskan bahwa posisi Menteri dan Gubernur itu serupa. Kalau menteri bertanggung jawab secara sektoral dan kalau Gubernur itu secara Regional. Dengan Kerjasama yang baik antara Menteri dan Gubernur, maka upaya pembangunan dan penyelesaian persoalan di daerah bisa dilaksanakan dengan baik.

Acara APPSI dilanjutkan dengan seminar tentang Reformasi Kebijakan dan Strategi untuk mendukung pengembangan Produk Unggulan dan Kerjasama Antar Daerah dengan Topik pada Sesi I “Arah Kebijakan Pemerintah Pusat untuk mendukung Pengembangan Produk Unggulan Daerah dalam Meningkatkan Ekspor dan menurunkan Impor ” dan Topik Pada Sesi II “ Peluang dan Kendala dalam Pengembangan Produk Unggulan dan Kerjasama Sosial Ekonomi Antar Daerah”. Dan dilanjutkan dengan Penandatanganan Kesepakatan Program Kerja APPSI tahun 2019 oleh semua Gubernur atau yang Mewakili.

 

Pemutakhiran Terakhir ( Rabu, 13 Maret 2019 11:03 )