Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia

RAKERNAS APPSI 2012

Email Cetak PDF

Rakernas 2012 RAKERNAS APPSI 2012 DI TORAJA UTARA, SULAWESI SELATAN : Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) pada tanggal 27, 28 dan 29 bulan Desember 2012 mengadakan Rakernas tahunan yang kali ini diadakan di Kabupaten Toraja Utara provinsi Sulawesi Selatan sebagai tuan rumah yang juga merupakan Provinsi Ketua Umum APPSI Bapak Syahrul yasin Limpo. Rakernas APPSI ini dihadiri oleh beberapa Gubernur dan Wakil Gubernur beserta jajarannya, diantara Gubernur yang hadir antara lain Gubernur Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Barat, NTT, Riau, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Bengkulu dan Kalimantan Barat dan yang diwakilkan oleh Wakil Gubernur antara lain Kalimantan Selatan, kalimantan Tengah, kalimantan Timur, DI Yogyakarta, Sumatera barat, Gorontalo, NTB, Aceh, Lampung, Jambi dan bangka Belitung. Untuk Provinsi lainnya di wakilkan oleh Sekda dan Asisten Pemerintahan.

Turut Hadir pada Rekernas tersebut Dirjenpum Bapak I made Suandi yang mewakili Menteri Dalam Negeri, Bapak Langgeng Sulistiono yang mewakili Menkopolhukam dan Bapak Ryaas Rasyid sebagai Ketua Dewan Pakar APPSI dan para anggota dewan pakar APSSI  lainnya.

Rakernas APPSI Tahun 2012 ini mengusung tema " Penguatan Peran Gubernur Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing daerah Menghadapi ASEAN Economic Community 2015 ". Tema ini dipilih sebagai refleksi kesadaran para gubernur terhadap tantangan-tantangan besar yang harus dihadapi dan dikelola agar bangsa indonesia bisa mengambil manfaat sebesar-besarnya dari situasi baru tersebut. Salah satu strategi yang perlu dilaksanakan untuk maksud itu adalah penguatan peran Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, dengan lebih memperjelas pengaturan tugas dan wewenangnya, termasuk tatacara pelaksanaan dari kewenangan itu, sehingga hubungan yang lebih kuat antara Pemerintah Nasional, Provinsi, Kabupaten/Kota didalam Negara Kesatuan RI dapat terus terpelihara dan produktif.

Rakernas yang diadakan di Aula Hotel Misliana kabupaten Toraja Utara tersebut dibuka oleh sambutan Ketua Umum APPSI Bapak Syahrul Yasin Limpo dan dilanjutkan oleh sambutan Menteri Dalam Negeri yang diwakilkan oleh Bapak I Made Suandi dan dibahas melalui Diskusi Panel bersama. Pada kesempatan tersebut juga terjadi penandatanganan MoU Perkeretaapian antara Kementerian Perhubungan RI dengan Seluruh Gubernur di Sulawesi.

Pemutakhiran Terakhir ( Kamis, 14 November 2013 15:07 )